Perhatikan 3 Hal Berikut Sebelum Beli Mukena untuk Bepergian

Perhatikan 3 Hal Berikut Sebelum Beli Mukena untuk Bepergian

Untuk para wanita muslim atau muslimah, salah satu perlengkapan perjalanan yang tak boleh terlupa adalah seperangkat alat solat. Selain menjamin kenyamanan beribadah selama bepergian, juga mengantisipasi jika di lokasi wisata atau di mana pun posisi saat itu ternyata tak tersedia mukena.

img-20161103-wa0013

Namun, selama ini masih sering saya jumpai wanita yang salah pilih mukena untuk perjalanan mereka. Ada yang terlalu makan tempat di tas lantaran tak bisa dilipat jadi kecil. Ada yang warnanya tak bisa kompromi untuk kondisi di jalan yang notabenenya tak sebersih rumah sendiri. Ada pula yang hanya bawa mukena saja sehingga terpaksa solat tanpa sajadah, atau malah sajadahnya terlalu besar dan menambah berat beban tas. Alih-alih ingin tetap nyaman beribadah, urusan mukena justru menambah keribetan baru di perjalanan.

Nah, tak ingin kejadian itu dialami oleh Anda, kan? Yuk, perhatikan 3 hal berikut sebelum memilih mukena untuk bepergian, agar perjalanan nyaman dan ibadah Anda tetap terjaga.

Bahan Ringan dan Adem

img-20161103-wa0012Ketika bepergian, tentu kita ingin isi tas seringan mungkin tapi memenuhi semua kebutuhan selama perjalanan. Karenanya mukena dengan bahan ringan sangatlah membantu. Ringan dibawa, mudah dan rapi dilipat setiap saat, dan bisa nyempil di ruang yang tersisa di dalam tas.

Tapi ringan saja tak cukup kalau bahannya malah bikin gerah. Kondisi di jalan yang tak menentu dan lebih mudah membuat kita berkeringat, akan lebih pas kalau pilih bahan mukena yang adem. Selain membuat ibadah betah, juga bisa lebih khusyuk karena tidak terburu-buru ingin segera melepas mukena. Kalau pakai mukena saja sudah kepanasan, bagaimana mau nyaman solatnya?

Contoh bahan yang ringan dan adem diantaranya Katun Rayon, Kain Bali, dan Katun Jepang Premium. Untuk Katun Rayon dan Kain Bali ini memang mirip. Keduanya juga bisa dilipat jadi bagian yang kecil sehingga tidak makan tempat. Namun untuk Katun Jepang, banyak sekali jenis dan kualitasnya, maka dari itu pilihlah yang premium dan jelas adem di kulit. Tingkat kelembutan Katun Jepang biasa dengan yang premium juga berbeda.

Kalau bahan ringan, mudah dilipat, tidak makan tempat, tapi panas dipakai? Banyak. Hanya saja, yang ringan dan adem tentu lebih nyaman dipakai selama perjalanan.

Include Sajadah dan Tas

img-20161103-wa0016Salah satu kesulitan yang paling sering ditemui terkait ibadah selama bepergian adalah tak ada sajadah di kamar hotel. Hingga terpaksa pakai handuk, selimut, atau kerudung untuk sajadah sementara. Masalah serupa juga sering dijumpai di jalan jika terpaksa harus solat di tempat selain masjid, seperti SPBU atau restoran. Kadang musholanya tidak menyediakan sajadah atau hanya ada satu dan harus bergantian.

Beda cerita kalau mukena yang kita punya sudah include sajadah. Lebih tepatnya sajadah mini, sekira cukup untuk sujud. Dengan sajadah mini ini kita tak perlu bingung lagi jika tak menemukan sajadah di manapun kita solat. Juga tak perlu khawatir bikin ribet atau nambah berat, karena ukurannya kecil dan ringan.

Apalagi ditambah tas mukena. Lipatan mukena semakin rapi, tidak bercecer ketika disimpan di tas traveling, dan menjaga kebersihan mukena karena tidak akan tercampur dengan apa pun yang mungkin menyatu di tas traveling kita. Termasuk sajadah mini itu juga masuk semua ke dalam tas mukena. Praktis kan?

Warna Kompromi dengan Noda

img-20161103-wa0015Maklum, kondisi di jalan memang tak bisa sebersih atau sehigienis di rumah sendiri. Mungkin ada mushola/masjid yang kita temui itu lantainya belum dipel atau belum disapu. Otomatis debu atau goresan kotoran akan mudah menempel ke mukena kita. Sayang kan kalau kita pakai mukena warna putih atau warna terang yang membuat noda mudah
terlihat?

Maka pilihlah mukena dengan warna yang bisa kompromi dengan noda. Tak harus warna gelap, tapi minimal bisa menyamarkan noda sehingga noda tak lekas terlihat jelas.

Okey, Ladies! Itu dia hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memilih mukena untuk bepergian. Dan, ternyata semua hal itu bisa Anda dapatkan dari Tongpu Mukena. Bahan yang ringan dan adem, sudah include sajadah dan tas cantik dengan berbagai model, juga pilihan warna yang sangat variatif dan sangat bisa kompromi dengan noda.

Desain coraknya juga unik dan tak ada duanya, lho. Karena mukena handmade ini hanya memproduksi maksimal 2 mukena untuk 1 desain corak yang sama. Limited Edition, Ladies! Selain untuk traveling, produk ini juga sangat cocok dipakai di rumah atau dihadiahkan untuk seseorang yang spesial seperti ibu kita. Bisa juga request model sesuai selera kita atau pesan produk lain selain mukena selama masih berbahan Katun Jepang Premium.

Yuk, langsung cek koleksi Tongpu di IG @tongpu.mukena! Selamat berbelanja dan semoga tipsnya bermanfaat 🙂

Damae

You May Like Also

Leave a Reply