Kecewa apartement sewaan tak sesuai harapan? Coba trik ini! (Part 1)

Kecewa apartement sewaan tak sesuai harapan? Coba trik ini! (Part 1)

Dulu, saya sering kecewa kalau apartement yang saya sewa  selama liburan ternyata tidak sesuai harapan. Sesekali karena fasilitas yang tersedia tidak sama dengan apa yang tertera dalam iklan. Ya kalau cuma tisu toilet, beli di minimarket bisa. Lha, kalau yang tidak tersedia ternyata TV, kan pengen nonjok tembok. Apalagi kalau minta deposit sementara pelayanan jelas-jelas bikin kesal. Rasanya…

Memang tak ada teori pasti yang membahas tips terkait penyewaan apartement harian. Bahkan awalnya mendapat apartement yang sesuai ekspektasi itu, semacam meneropong planet Mars dari Boscha yang terhalang cahaya dari hotel puluhan tingkat di sebelahnya. Hanya keberuntungan yang bisa menjawab rintihan hati saya. (lebay)

Namun, kian lama saya keluar masuk apartement, ternyata ketahuan polanya. Berdasar pengamatan dari berbagai faktor, mulai Host, iklan, sampai testimoni penyewa sebelumnya, saya bisa menyimpulkan beberapa kata kunci. Berikut penjelasannya:

  1. Hostnya Perempuan

Entah memang perempuan cenderung memiliki sifat keibuan dan terbiasa dengan mengurus rumah, atau memang laki-laki dasarnya acuh. Setiap saya mendapat Host laki-laki, pasti lebih banyak masalahnya ketimbang puasnya. Malah pernah dengan cueknya seorang Host laki-laki mengatakan begini: “Kalau memang tidak nyaman, bisa dicancel koq, nanti uang sewa saya kembalikan”, tanpa minta maaf. Keki, kan?

Meski saya yakin tidak semua Host pria bersikap sama, saya tetap merekomendasikan Host wanita. Host atau pemilik atau orang yang menyewakan apartement itu satu-satunya jembatan kita untuk mengetahui bagaimana kondisi apartement. Berbeda dengan hotel yang diatasi oleh CS, Room Service, Resepsionist, dll.

Karenanya, Host ini semacam kunci dari pintu kamar apartement yang akan kita masuki. Sikap Host menjadi cerminan kenyamanan kamar yang akan kita tempati. (Lebih lanjut terkait Host, akan saya bahas di postingan berikutnya).

Paling tidak, ada dua alasan mengapa saya memberi saran untuk memilih Host perempuan.

  • Perempuan cenderung lebih komunikatif

Fast respon dan tidak pelit jawaban merupakan hal terpenting dalam komunikasi antara Host dan calon penyewa. Perempuan terkenal lebih cerewet (banyak omong) ketimbang laki-laki, maka dari itu ketika perempuan menjadi Host cenderung lebih komunikatif.

  • Perempuan cenderung lebih cinta kebersihan

Saya orang yang sangat peduli dengan kebersihan dan selalu menjadikan alasan ini sebagai faktor utama dalam segala hal, termasuk memilih hotel dan apartement. Fasilitas bisa jadi menyesuaikan harga sewa, jika tidak lengkap atau ada yang terlewat masih bisa dimaklumi. Tapi soal kamar yang tidak terawat atau jorok, ouch.. Saya angkat tangan. Dan, Sobat juga menyadari kalau perempuan tentu lebih cinta kebersihan ketimbang laki-laki.

  1. Pastikan Semua Fasilitas Sesuai Kebutuhan

Tidak hanya memburu berita saja yang butuh check and recheck alias verifikasi. Kalau Sobat ingin mendapat kamar apartement yang sesuai harapan, wajib banget melakukan tahap ini. Jangan malas bertanya pada Host, sedetail mungkin. Kecuali, Sobat memang tidak butuh semua kelengkapan fasilitas itu.

Saat interaksi tanya jawab ini juga sekaligus menguji bagaimana sikap Host dalam melayani calon tamunya. Tentu Sobat bisa membedakan mana sikap ketus mana antusias. Mana yang murah senyum dan tidak pelit jawaban, mana yang asal-asalan. Juga, mana yang benar-benar mengelola aartement untuk disewa, mana yang hanya sekadar selingan.

Hasil klarifikasi ini juga sangat membantu Sobat dalam menyiapkan barang bawaan. Misal, Host ternyata menyediakan handuk lengkap dengan perlengkapan mandi, Sobat tidak perlu membawa dari rumah dan menambah berat isi tas. Atau peralatan dapur yang komplit mulai dari pisau, teflon, panci, rice cooker, dispenser, sampai lap tangan, asyik kan jadi bisa hemat budget dengan masak sendiri? Minimal bisa bikin ramen saat kelaparan tengah malam, hehehe 🙂

Wah, baru dua point ternyata sudah panjang. Baiklah, tips akan dilanjutkan di part berikutnya ya. Selamat mencoba! 🙂

Damae

You May Like Also

2 Comments

  1. Menarik! Keep posting the insightfull info ya mba Damae 🙂

    1. Makasih, bu Ros.. Siap. Selalu terinspirasi juga dari tulisan2 bu Ros

Leave a Reply