Kecewa apartement sewaan tak sesuai harapan? Coba trik ini! (Part 2)

Kecewa apartement sewaan tak sesuai harapan? Coba trik ini! (Part 2)

Pada artikel sebelumnya, saya sudah membahas dua tips bagaimana memperoleh sewa apartement (terutama untuk traveling) yang sesuai harapan. Upaya ini, bukan hanya karena penginapan merupakan salah satu faktor penting selama perjanan. Melainkan juga lantaran saya tak ingin Sobat merasakan kekecewaan yang pernah saya alami saat sewa apartement tak sesuai keinginan. Baca: Kecewa apartement sewaan tak sesuai harapan? Coba trik ini! (Part 1)

Okey. Langsung saja, ini dia tips ke-3 dan 4 untuk mendapatkan sewa apartement terbaik.

  1. Cari Sewa Apartement di Situs yang Menyediakan Riview/Comment

Menjamurnya situs dan aplikasi penyedia sewa penginapan (dan apartement) membuat kita punya banyak pilihan. Namun, alangkah baiknya jika Sobat mencari sewa apartement di situs atau aplikasi yang memiliki kolom review atau comment. Testimoni orang yang pernah menyewa apartement itu tentu sangat membantu Sobat sebagai bahan pertimbangan.

Tak dapat dipungkiri memang, kadang terdapat riview dan comment “settingan” alias berbayar. Tapi setidaknya minimal ada 1 yang jujur. Bukankah itu lebih baik ketimbang tak ada satu pun? 🙂 Situs sewa apartement yang menyediakan riview ini diantaranya Airbnb. Hindari mencari di situs iklan.

  1. “Usahakan” Apartement Dihuni oleh Pemilik

Saya pertegas kata “usahakan”, karena ini kadang sulit dijumpai. Seringnya, apartement yang disewakan memang disetting hanya untuk disewa, bukan dihuni langsung oleh pemiliknya. Tapi, tidak menutup kemungkinan ada Host yang menyewakan sembari ditinggali, atau istilahnya semacam rumah kedua.

Kelebihan sewa apartement yang juga dihuni ini, selain fasilitas lebih lengkap, juga karena kamar lebih terawat, lebih bersih, dan lebih terasa hangat. Jika beruntung, Host kadang punya beberapa bantal dan selimut cadangan yang tersimpan rapi di lemari. Meski saking rapinya, ada yang menandai botol sabun cuci di lemari dapur dengan tulisan: maaf, milik pribadi. 🙂

Ternyata seru ya mencari apartement yang sesuai harapan. Eits, tips ini belum berakhir, lho. Tunggu part berikutnya yaaa.. 🙂

Damae

You May Like Also

2 Comments

  1. Menarik! Keep posting the insightfull info ya mba Damae 🙂

    1. Makasih, bu Ros.. Siap. Selalu terinspirasi juga dari tulisan2 bu Ros

Leave a Reply