Smart Cooking While Traveling in Apartement

Smart Cooking While Traveling in Apartement

Bagi pecinta masak seperti saya (mungkin Sobat lebih percaya saya tidak pernah menyentuh dapur, seperti anggapan kawan-kawan lain, tak apa..), sebenarnya lebih menyenangkan untuk tinggal di apartement ketimbang hotel saat traveling. Selain terasa seperti kamar sendiri, di apartement juga terdapat dapur yang memberi saya kesempatan untuk memasak.

(((Sementara membaca artikel ini, anggap saja Sobat percaya kalau saya bisa memasak. 🙂 )))

Tapi, biasanya selama traveling kita punya sedikit waktu di penginapan. Tak jarang begitu sampai kamar hanya tersisa lelah dan ngantuk, energi habis selama perjalanan. Alih-alih ingin masak, mandi dan ganti baju pun kadang malas.

Karenanya, saya tidak memilih apartement saat itinerary benar-benar padat. Tentu hotel lebih baik. Namun ketika traveling itu memberi banyak kelonggaran untuk stay di kamar, atau terpaksa tidak makan di luar demi hemat budget, saya sarankan Sobat pilih apartement.

Lalu bagaimana cara cerdas untuk memasak di apartement di tengah terbatasnya waktu traveling dan minimnya piranti dapur?

  1. Pilih Menu yang Simple

Memasak bisa jadi sederhana dan menyenangkan saat kita memilih menu yang tepat untuk diolah dalam segala keterbatasan. Menu yang simple yang saya maksud tentu bukan sekadar ramen atau mie instan. Melainkan menu yang mudah dimasak tapi tetap sesuai kebutuhan.

Misal, menu balado bisa masuk ke banyak jenis menu lain, seperti balado ikan, balado telur, atau balado terong, balado kangkung, balado ikan teri, dan balado tahu/tempe. Cukup menyiapkan bumbu dapur yang sama, dan pilih bahan masakan mana yang diinginkan. Cara memasaknya pun sangat mudah dan tidak butuh waktu lama. Simple saja!

  1. Siasati Kelengkapan Bumbu

Gedung apartement berlantai puluhan, terlebih jika mendapat tempat sewa di lantai teratas, tentu sangat tidak menyenangkan jika harus turun dan keluar hanya untuk membeli garam yang luput dari catatan belanja. Apalagi terkadang lokasi apartement jauh dari warung karena berdekatan dengan pusat perbelanjaan. Rasanya malas sekali harus parkir dan berjalan ke dalam supermarket demi sesendok kecil garam.

Itulah kenapa kita harus pandai mensiasati kelengkapan bumbu saat memasak di apartement. Lagi pula, sayang kalau banyak waktu tersita hanya untuk urusan dapur, sementara kesempatan traveling tidak memberi banyak kelapangan. Cukup bawang putih, bawang merah, tomat, dan daun bawang yang dipotong dengan cepat, sisanya (terutama yang membutuhkan ulekan) bisa diganti dengan bumbu praktis. Seperti garam yang bisa diwakili oleh M*s*ko.

  1. Maksimalkan Piranti

Apartement sewaan seringkali tidak menyediakan peralatan masak yang lengkap. Patut disyukuri selama di situ sudah terdapat panci, pisau, dan kompor. Bahkan tak jarang perlengkapan makan pun hanya ada satu piring, gelas, dan sendok. Memang begitu life style orang-orang yang tinggal di apartement selama traveling: hampir tidak pernah masak beneran, mentoknya ya mie instan.

Tapi justru di sini kecerdasan Sobat diuji. Bagaimana caranya memaksimalkan piranti yang ada untuk memasak sesuai kebutuhan. Misal, panci bisa difungsikan sebagai teflon, pisau juga bisa menggantikan ulekan, dan piring bisa menjadi talenan untuk memotong/mengiris bawang. Intinya, jangan khwatir masakan tidak matang selama gas masih tersalur ke kompor! 🙂

Nah, itu dia 3 tips smart cooking yang bisa Sobat coba ketika menginap di apartement selama traveling. Selamat berkarya dan ditunggu kiriman icip-icipnya ya!

Damae

You May Like Also

Leave a Reply