Sobat Mau Ngevlog? Ini yang Harus Disiapin

Sobat Mau Ngevlog? Ini yang Harus Disiapin

Menjadi hits sekarang ini sudah layaknya kebutuhan. Apalagi ditambah dengan masifnya perkembangan teknologi terutama di bidang sosial media yang membuat seseorang lebih mudah untuk mewujudkan ke-Hits-annya. Menjadi hits bukan hanya demi tujuan ingin dipuji dan menjadi terkenal saja.

Namun sekarang ini, juga sudah ditunggangi dengan tujuan-tujuan lain seperti bisnis, kepentingan komunitas, aktualisasi diri, menjalin hubungan personal ataupun bahkan hanya untuk mengikuti trend. Media menjadi salah satu kendaraan terbaik untuk membawa tujuan-tujuan tersebut.

Well, kita bahas yang namanya Youtube sebagai salah satu media yang sedang trend di kalangan masyarakat, juga segala apa yang menjadi konten di dalamnya. Siapa sih yang tidak mengenal media yang sekarang menjadi video versionnya Google. Hampir semua lini kehidupan memanfaatkan Youtube. Saking trend nya Youtube sekarang ini, para youtubersnya pun ikut terkenal.

Bayu Skak menjadi fenomena YouTube Indonesia berkat video-video lucu karyanya.

Pada akhirnya kita menemukan role model baru yang terlahir dari Youtube yang saat ini trend dengan nama Vlog alias Video Blog. Sebut saja Bayu Skak, Ria Ricis, Raditya Dika, Pao Pao, Cameo Production, dan sebagainya adalah beberapa contoh Youtubers yang memanfaatkan Youtube sebagai media bercerita, dan bahkan menjadi mata pencahariannya. Itu hanya sebagian kecil akun Youtube di bidang hiburan, komedi khususnya. Ada banyak konten lain yang ditawarkan para Youtubers, berbagai macam tips, How-To, demo produk, review produk, peluncuran album baru bagi seorang musisi, penayangan Trailer film, dan sebagianya.

Para Youtubers berlomba-lomba mendapatkan hati para penontonnya dengan berlomba-lomba memperbanyak subscriber channelnya, likers, dan juga berapa kali video itu di tonton atau di putar. Tidak bisa dipungkiri memang, itu menjadi salah satu kewajiban yang ditetapkan Youtube sendiri agar si pengguna dapat meraup untung hanya dengan memposting videonya. Melalui bantuan Google Adsense statistik pengunjung dan viewers dipertimbangkan. It same with Blog, right? So thats why Youtube sekarang juga dikenal dengan Video Blog. Bukan barang yang tabu jika Youtube menjadi lebih diminati sekarang, karena ia memadukan blog dengan visualisasi yang tentunya akan lebih menarik. Sudah pasti juga donk untuk mendapatkan cita-cita viewers dan subscriber banyak itu membutuhkan usaha? Well, apa saja usahanya?

Yup! Usaha yang dimaksud tentunya dalam maksud menambah kualitas video kita. Selain usaha promosi di akun media sosial lain tentunya, konten yang kita tawarkan, dan bagaimana kita mengemas sesuatu yang sederhana menjadi sangat menarik untuk diikuti. Pastinya di antara kita tidak asing dingan para Vlog yang hanya mengupas cerita atau kehidupan namun banyak sekali viewersnya. Kamu heran? Yaa awalnya memang dianggap tidak penting, namun ternyata keunikan kehidupan dari sang Youtubers tersebut menjadi daya tarik tersendiri. But, tidak mungkin lah kalau tidak didukung dengan peralatan memadai. Jika sungguh-sungguh ingin menjadi seorang Vlogers di Youtube, baik travel blogger, food blogger maupun daily life blogger, ada beberapa perlengkapan yang wajib dimiliki untuk menunjang konten dan kualitas video yang akan diunggah. Lets see 7 perlengkapan ngeVlog untuk hasil maksimal :

Kamera

Salah satu Camera Action dari Xiaomi yang digadang mampu menandingi kualitas GoPro

Ini sudah jelas banget kali ya, kita tidak mungkin bisa menghasilkan video tanpa alat perekam yang dinamakan Kamera. Sebenarnya kamera apapun bisa digunakan, kamera smartphone, kamera digital, kamera DSLR, atau jenis kamera lainnya pun bisa. Namun, masing-masing kamera juga memengaruhi kualitas resoulsi video kita lho~ jadi, bisa dikira-kira sendiri lah, konten yang akan kita sampaikan cocoknya dengan kamera jenis apa.

Memory Card

Sandisk, merk yang cukup populer dikalangan blogger. (sumber: softpodium.com)

Buat apa sih? Jadi gini, video yang akan kita hasilkan tentunya memiliki kualitas video yang tidak boleh rendah. Sedangkan video dengan resolusi tinggi pasti membutuhkan ruang yang cukup pula. Well, satu memory card tidak akan cukup dimiliki untuk menampung hasil video kita. Perlu lah yang namanya memory card cadangan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu memory yang terpasang di kamera penuh, sementara kita sedang berada di luar. Tanpa persiapan yang cukup, bubar lah rencana Vlog loe! Nah jangan lupa mempertimbangkan aspek kualitas dan spek dari MC nya sendiri nih, biar nanti bisa lebih awet dan tetap aman digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Tripod/Monopod

GStation, tripod yang mampu menahan beban hingga 7kg dengan tinggi max : 106.5 cm

Apaan tuh? Waduh kalau mau jadi Vlogers terkenal berarti jangan sampai tidak tahu apa yang namanya tripod ya. Jadi, tripod itu sebuah alat pendukung kamera yang berfungsi menstabilkan posisi kamera agar tidak bergetar saat pengambilan gambar. Ya kali mau kita pegangin manual kan ya pegel juga. Ada tripod ada monopod, keduanya memiliki fungsi yang sama walaupun dengan bentuknya yang berbeda. Kita bisa menyesuaikan sendiri jenis apa yang lebih kita butuhkan. Pokoknya benda ini sangat penting.

Camera Stabilizer

Handheld camera stabilizer adalah perangkat yang berfungsi untuk mempermudah pengambilan gambar. Menggunakan perangkat tersebut, seorang videografer akan lebih mudah merekam video sambil berjalan tanpa kuatir hasilnya akan goyang.

Apalagi tuh? Jadi, sebenarnya sama sih fungsinya dengan tripod atau monopod seperti penjelasan sebelumnya. Jika jenis video yang akan kita buat adalah sebuah daily vlog atau jenis video yang dilakukan di outdor, maka alat ini sangat diperlukan, guys. Intinya, biar gak goyang-goyang 🙂

Microphone

Audio sangat penting sehingga Anda harus menghubungkan mikrofon ke perangkat.

Lah yang ini buat apa? Wah jelas dong alat ini berfungsi untuk menangkap suara. Biasanya, ketika kita sedang mengambil video di lingkungan yang terbuka, suara kita akan berlomba dengan suara alam. Nah, yang masuk ke kamera akan lebih sedikit. Jadi, ini berfungsi untuk menstabilkan suara agar tidak ilang-ilangan. So, video yang akan kita hasilkan dapat maksimal dalam menangkap suara.

Lighting

Tidak jarang kita akan mengambil video di tempat yang gelap. Pencahayaan biasa dari kamera tentunya tidak cukup, bahkan bisa merusak hasil video kita. Nah, lighting sangat membantu, selain untuk penerangan juga untuk memperkaya detail sebuah video. Jangan lupa dalam memilih lighting pilihlah yang tidak silau mata, dan hemat energi tentunya (Human Friendly).

Drone

“Up, Up And Away! Send This Selfie Stick In The Air To Take Your Coolest Video Yet…” (sumber: techthelead.com)

Keren banget kan jika video yang kita ambil bisa dari angle yang luas? Dari atas misalnya. Maka drone sangat membantu. Drone adalah pesawat tanpa awak yang sekaligus dilengkapi dengan kamera dan dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control. Apalagi jika kita mengambil video di sebuah tempat yang sangat sayang jika dilewatkan salah satu sisinya. Di tengah pantai misalnya. Nah, drone bisa sangat membantu kan.

Tujuh alat di atas merupakan perlengkapan wajib bagi yang ingin menjadi seorang Youtubers atau Vlogers proffesional. Walaupun harga satuannya bisa dibilang tidak murah, namun mereka adalah sebagian dari investasi alat yang jauh akan meningkatkan kualitas video yang kita inginkan. Tentunya, dengan video yang bagus, viewers dan subscriber kita akan bertambah pula. Otomatis, google adsense juga akan menotice kita untuk mengambil fee yang disiapkan Google. Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan juga untuk menjadi Vlogers, yaitu software editing video yang bagus, laptop dengan spesifikasi tinggi, software editing gambar, lagu, musik, efek, maupun template video effect, dan tentunya juga koneksi jaringa internet yang cepat. Silahkan mencoba []

Author Gravater

Khusana Anik

Mahasiswa biasa, santri, anak desa, agroindustrialist soon, punya hobi jalan-jalan, kuliner, bermedia dan pemerhati budaya pop Jepang dan Korea. Saat ini tinggal di Yogyakarta dan kuliah di UGM. Bermotto "Aku ya aku, kamu ya kamu" dan berinstagram di @khusanaanik

Leave a Reply