5 Makanan Khas Ini Bikin Rindu Kampung Halaman

5 Makanan Khas Ini Bikin Rindu Kampung Halaman

Orang-orang bilang waktu seperti peluru yang telah ditembakkan, melesat begitu cepat. Membuat manusia semakin sadar bahwa saat ini hal yang terpenting bagi mereka bukanlah uang, melainkan waktu yang bahkan tak bisa mereka beli dengan segepok uang. Dan kurasa aku kurang setuju dengan perumpamaan itu. Karena buktinya aku masih merasa hari-hariku berjalan lambat ketika aku merindukan kampung halamanku, rumahku.

Sudah hampir empat tahun aku melangkahkan kaki dari rumah untuk pergi ke kota yang lebih besar dari kota kelahiranku untuk menuntut ilmu. Bukan hal aneh lagi bagi anak kota kecil sepertiku bermimpi bisa bersekolah di kota yang peradaban yang maju. Karena itulah sejak empat tahun yang lalu aku menjalani hari-hariku di Kota Bandung yang terus berkembang pesat.

Terkadang memang aku merasa baru kemarin aku merasa kagum dengan megahnya kampus-ku dan kini aku bahkan sudah terlalu malas kesana bahkan sekedar untuk mengumpulkan tugas. Baru kemarin aku merasa “wah” dengan kehidupan masyarakat kota yang begitu modern, tapi bahkan kini hariku terasa lambat merindukan suasana kampung halamanku yang tenang dan lestari. Aku sudah bosan dengan macet dan debu jalanan yang selalu menghiasi hariku di kota besar itu. Tapi pada nyatanya hari berjalan begitu lambat untukku bisa kembali ke rumah dan memenikmati masakan hangat buatan ibuku di rumah.

Masakan yang empat tahu ini terus kurindukan karena sudah jelas tak akan kudapatkan masakan rumahan milik ibuku disini. Butuh waktu 6-8 jam agar aku sampai ke rumah, hingga aku lebih memilih mengubur niatku untuk pulang dan menikmati yang begitu kurindukan itu. Diantara makanan itu ada satu makanan yang unik dan khas dari kampung halamanku. Masin, namanya.

Makanan yang tak banyak orang ketahui bahkan untuk orang Tegal, kotaku sendiri. Makanan ini hanya terdapat di desa sebelah. Makanan ini terbuat dari bubur beras yang dicampur dengan kluwekatau pucung. Cukup unik memang, mengingat tak banyak makanan yang bisa dicampur dengan kluwek atau pucung ini. Dan kurasa selain Masin, masih ada makanan khas lain yang unik dari kampung halaman kalian yang mungkin juga kalian rindukan. Seperti aku yang merindukan Masin-ku.

Apa saja makanan khas kampung halaman di seantero Nusantara? Berikut ringkasannya.

Lempah Kulat

Lempah kulat pelawan masakan bangka belitung (Sumber: @dentistchef2014)

Lempah kulat khas Bangka Belitung terbuat dari kulat atau jamur pelawan yang dimasak bersama daun keladi, nanas, pucuk labu yang beradu dengan rempah-rempah lain. Mungkin tak banyak yang mengetahi makanan ini, mengingat jamur pelawan ini hanya tumbuh di Pulau Bangka dengan petir sebagai pemicunya. Sehingga jamur ini hanya akan tumbuh setelah hari hujan dengan petir yang menyambar. Sama dengan cara tumbuhnya yang tak biasa, harga dari jamur ini juga tak biasa yaitu Rp. 2 Juta per kilo.

Jagung Catemak

Catemak Jagung adalah makanan khas Nusa Tenggara Timur (sumber:@tehbotolsosroID)

Mungkin ada yang belum tahu mengenai makanan khas Nusa Tenggara Timur ini. Makanan khas yang sering dikira kolak ini sangat jauh antara tampilan dan rasanya. Jagung Catemak dibuat dengan campuran jagung, labu lilin dan kacang yang dimasak dengan bumbu rempah hingga kecoklatan. Sekilas memang kuahnya mirip kolak, tapi sebenarnya rasa Jagung Catemak ini bukan manis tapi asin.

Manday

Mandai Khas Banjar (Sumber: perutgendut.com)

Makanan khas dari Kalimantan ini terbuat dari kulit buah cempedak. Kulit cempedak ini diawetkan dengan garam. Setelah diawetkan, Manday ini bisa dimasak sesuai selera. Bisa di gulai, digoreng ataupun dibakar.

Semanggi

Semanggi Suroboyo, merupakan kuliner khas Surabaya yang mirip dengan nasi pecel. (Self Doc)

Semanggi atau biasa dikenal dengan Pecel Semanggi terbuat dari daun semanggi yang dikukus dan disiram saus yang terbuat dari gula jawa, terasi dan cabai. Makanan khas Kota Surabaya ini tak hanya enak, tapi juga mengandung banyak manfaat mulai dari mengobatiti radang tenggorokan, diare, hipertensi, infeksi saluran kencing hingga hepatitis.

Cakalang Fufu

Sambal Cakalang,masakan pelengkap makan khas Manado yang bisa menguggah selera makan. (sumber foto: candukuliner.blogspot.co.id)

Ikan yang hidup di perairan laut dalam ini memang sering disamakan dengan ikan tongkol atau tuna. Namun sebenarnya ketiga ikan ini berbeda bentuk tubuh dan harganya. Cakalang fufu hanya bisa ditemukan di daerah Indonesia Timur, seperti di Manado dan Maluku.

3 manfaat utama ikan cikalang diantara segudang kelebihannya.

Cakalang fufu mengandung banyak manfaat. Sebut saja zat besi untuk mengatasi anemia, vitamin A, D dan E, Selenium dan anti oksidan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh terkandung didalamnya. Jangan lupakan Omega 3 yang yang dapat mencegah Kanker Payudara dan Pankreas, serta meningkatkan kecerdasan otak.

(sumber: IG @sambal_abirawit)

Cakalang fufu bisa diolah menjadi banyak jenis makanan. Paling mudah, ikan ini bisa digoreng dan disantap dengan dabu-dabu (sambal). Bisa juga dibikin cakalang rica (cakalang lebih dominan dari pada ricanya) atau sebaliknya, rica cakalang yang lebih sedikit campuran cakalangnya.

Nah, salah satu olahan kekinian dari cakalang fufu yang bisa menuntaskan rindu ialah sambal cakalang. Tapi tak perlu jauh jauh ke Maluku untuk mendapatkan olahan sambal cakalang ini. Cukup lewat IG @sambal_abirawit kamu bisa didapatkan sambal enak kaya manfaat.

Ikan cakalang yang sudah dibakar dan diuleg atau di-blend bersama semua bumbu sambal hingga lembut. Bumbu sambal dijamin alami dan fresh, mulai cabai, bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan gula. Uniknya, pelezat masakan yang biasanya pakai MSG sama sekali tidak ada di sambal ini. Diganti bubuk bawang putih yang ditabur sesaat sebelum kompor dimatikan. Lezatnya dijamin beda dan tanpa pengawet!

Tulang dan duri ikan pun sudah tak terlihat atau terasa. Pengolahan yang baik dan benar ini tentu saja dapat menghindari kemungkinan alergi dan gatal-gatal. Semua bahan sambal cakalang Abirawit digoreng terlebih dahulu sebelum di-blend, dan ditumis lagi dalam waktu cukup lama hingga membuat sambal ini mampu bertahan hingga sebulan.

Tak hanya sambal cakalang, Abirawit juga menyediakan sambal bawang yang tak kalah lezat dan bermanfaat. Bawang merah yang terkandung dalam sambal bawang bermanfaat dalam pencegahan kanker perut, prostat hingga mencegah radikal  bebas. Sambal bawang yang pedas ini juga mengandung endorphin yang bisa membuat suasana hati menjadi senang dan nyaman.

New packaging of Sambal Abirawit

Tak hanya cocok untuk dijadikan teman makan, sambal ikan cakalang dan sambal bawang Abirawit ini juga bisa menjadi bumbu masak yang enak. Manfaat berlipat bisa dirasakan langsung, sebagai sambal, bumbu masak, dan obat rindu pada kampung halaman. Mau coba? Langsung cek IG @sambal_abirawit saja!

Itu dia 5 makanan khas dari berbagai pulau di Indonesia yang bikin kangen kampung halaman. Apa makanan khas dari kampung halamanmu, Sob? Yuk, share di kolom komentar!

Author Gravater

Hilda

“Jika tak ingin menyesal, lakukan sekarang. Kau hanya hidup sekali”. Just call me Dae. Aku mahasiswa jurusan Jurnalistik di UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang sedang berkutat dengan tugas yang tiada akhir. Sapa aku di Instagram @dae08hyun. Aku tidak menggigit, mungkin sedikit menarik.

Leave a Reply