Start Bisnismu dengan 4 Langkah Start Up Ini!

Start Bisnismu dengan 4 Langkah Start Up Ini!

Indonesia dikenal dengan kekayaannya. Tak hanya kekayaan alam, tapi juga kekayaan permasalahan. Dengan kata lain, begitu banyak hal yang harus diperbaiki dari Indonesai. Mulai dari kulaitas pendidikan yang harus segera ditingkatkan. Ekonomi mandiri yang harus segera dibangun, hingga kebudayaan yang harus tetap dijaga setiap zaman.

Adanya segala permasalah kompleks yang dihadapi Indonesia, bukankan seharusnya tidak ada pemudanya yang tidak memiliki pekerjaan? Tinggal bagaimana permasalahan itu diolah menjadi inovasi yang tak hanya dapat menjadi revolusi bagi dunia usaha Indonesia yang dapat mendatangkan keuntungan, tapi juga mengurangi permasalahan pengangguran yang ada.

Inovasi yang sedang naik daun saat ini adalah Start Up. Usaha yang sedang banyak digandrungi pemuda ini sebenarnya bergerak tidak hanya pada teknologi, tapi juga aspek lain yang mampu memberikan keuntungan. Tapi tentu saja, Start Up tidak hanya menjadi lahan bisnis yang menguntungkan, tapi juga menjadi contoh bagi orang lain agar mau mencoba. Terlebih jika Start Up bisa menjadi jawaban atas permasalahan yang sedang dihadapi Indonesia.  Memulai bisnis yang dapat menjadi angin segar memang tak mudah, tapi layak dicoba. Mau tahu tipsnya? Check it out!

  1. Ide segar

Inovasi menjadi bahan dasar yang dibutuhkan untuk melakukan Start Up. Karena tak hanya akan memperkaya khasanah produk Indonesia, tapi juga menjadikan Indonesia negara yang sarat akan perkembangan. Inovasi yang dibuat akan menjadi penyemangat orang lain untuk berusaha melakukan inovasi juga.

Inovasi merupakan salah satu bukti bahwa pemikiran manusia yang semakin berkembang dalam usaha mengatasi permasalahan yang ada. Hal inilah yang sangat dibutuhkan Indonesia saat ini. Pemudanya mau membangun usaha dari ide-ide baru yang dibutuhkan masyarakat. Kamu bisa memuali mencari inovasi baru dengan cara melihat kearah sekitar, memahaminya dan berusaha memenuhi apa yang diinginkan masyarakat, kamu bisa mendapatkan ide segar yang kamu butuhkan.

  1. Peluang pasar

Setelah mendapatkan ide yang menarik dan baru, kamu perlu melihat peluang bagi produk atau inovasi kamu itu. Mencocokkannya dengan selera pasar yang kamu targetkan. Misalkan kamu memiliki target mahasiswa, maka kamu harus mengecek peluang produk kamu di kalangan mahasiswa. Apakah akan banyak mahasiswa yang akan berminat dengan produk kamu.

Selain itu, lewat pengecekan peluang pasar ini, kamu juga dapat menilai apakah masyarakat menginginkan atau membutuhkan produk kamu sehingga kamu bisa lebih mudah memasarkan jika kamu sudah melihat peluang pasar yang ada.

  1. Berani mencoba

Masalah ini yang banyak menjadi kendala bagi pemuda, takut  untuk mencoba sesuatu yang baru. Ketakutan akan kegagalan memang dirasakan banyak orang, tapi tentu saja hal ini tidakboleh menjadi penghalang buat kamu untuk mulai berbisnis Start Up. Kamu bisa mengalihkan ketakutan kamu, dengan persiapan yang lebih matang. Lebih teliti dalam menganalisis pasar dan lebih kreatif menghasilkan ide.

Meskipun kamu sudah memiliki ide yang baru, pasar yang siap menerima produk kamu itu tidak cukup jika kamu masih takut untuk mencoba. Kamu juga harus memiliki keberanian untuk membuat dan memasarkannya. Bahkan juka ternyata produk kamu tidak diterima di pasaran sesuai ekspektasi, kamu jangan menyerah untuk mencoba. Itu adalah kesempatan agar kamu bisa lebih teliti dan dapat memulai dari awal dengan meminimalisir kesalahan.

  1. Promote produk

Mempromosikan produk kamu menjadi kewajiban agar produk kamu banyak dikenal. Setidaknya kamu harus bikin masyarakat familiar sama produk kamu dan menyadari kalau mereka tertarik atau butuh produk kamu. Promosi produk ini perlu kesabaran lebih, karena dilakukan terus menerus meskipun jarang mendapatkan respon pada awalnya. Cara lainnya adalah dengan meminta testimony dari pelanggan agar menjadi bukti betapa kerennya produk kamu.

Tak hanya promosi lewat akun media sosial kamu, kamu juga bisa mempromosikan produk kamu di jejak.jalandamai.com. Disini kamu mendapatkan jasa review produk gratis yang akan diposting juga di web jejak.jalandamai.com. Kamu tidak perlu khawatir dengan review yang gratisan akan dibuat sembarangan. Meskipun review ini tidak dipungut biaya sama sekali, kamu tetap bisa mendapatkan pelayanan tulisan yang tidak perlu diragukan kualitasnya.

Tidak hanya review tulisan menarik, kamu juga bisa mendapatkan bonus foto produk kamu dengan ataupun tanpa model. Ditambah lagi dengan bonus gambar ilustrasi produk kamu, yang bakal bikin produk kamu lebih banyak diminati. Kamu juga bisa dengan bebas memajang tulisan atau foto itu di media sosial kamu, asalkan sumber tetap dicantumkan dengan jelas. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi kontak email yang tertera di jejak.jalandamai.com.

Menjadi pengusaha muda yang tak kenal menyerah adalah salah satu langkah yang tak hanya membuat kamu berkembang secara mental dan keuangan, tapi juga bermanfaat bagi sekitar karena menciptakan lapangan pekerjaan. Bisnis Start Up bisa menjadi awal langkah karir kamu dalam mencapai kesuksesan. Jadi sudah siap klik start  untuk Start Up kamu?

Author Gravater

Hilda

“Jika tak ingin menyesal, lakukan sekarang. Kau hanya hidup sekali”. Just call me Dae. Aku mahasiswa jurusan Jurnalistik di UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang sedang berkutat dengan tugas yang tiada akhir. Sapa aku di Instagram @dae08hyun. Aku tidak menggigit, mungkin sedikit menarik.

13 Comments

  1. Yap betul itu
    Hnya saja kami blm berani berkembang

    1. Tetap semangat, kaka..

  2. Wah terima kasih tipsnya. Pas lagi nimbang-nimbang mau mulai bikin usaha lagi.

    1. Semoga bisa memberi inspirasi untuk usahanya nanti ya, Mbak Dian

  3. Blh ni dicoba ..
    Makasih infonya Mbk 😊

    1. Sama2, Mbak Ghina. Selamat mencoba..

  4. kalau masalah modal, gimana?

    1. Modal bisa dimulai dari apa yang kita punya dan apa yang kita bisa, kakak.. Tidak harus memaksakan modal besar apalagi sampai hutang jika memang kita belum mampu ke sana.

  5. Nice share mbak, saya harus berani mencoba, terkadang saya takut dan membayangkan macam2 dulu. Padahal belum dicoba ya… okelah… start my bisnis….

    1. Sama2, mas Adi.. Semoga bermanfaat ya

  6. Boleh juga nih tipsnya dicoba

  7. Terima kasih atas informasinya, saya pun sedang membangun usaha, doakan yah semoga sukses. 🙂

  8. Apakah bakat mempengaruhi dalam membangun sebuah bisnis???

Leave a Reply