Untukmu yang Belum Siap Menyongsong Masa Depan

Untukmu yang Belum Siap Menyongsong Masa Depan

Waktu merupakan salah satu hal yang tidak mampu dibeli manusia. Sebanyak apapun uang yang dimiliki, itu tidak akan bisa membuat waktu hidup kamu bertambah ataupun membuat kamu kembali pada masa lalu. Hal ini membuat banyak orang yang sangat menghargai waktu. Menikmatinya setiap detik berlalu. Melakukan yang terbaik di waktu yang tak bisa kembali itu.

Bersama waktu yang berjalan, tentu banyak hal terjadi. Hal-hal itu berlalu saling menggantikan satu sama lain. Seperti pagi yang menggantikan malam. Tua digatikan muda. Terus berjalan seperti roda. Banyak hal yang harus dilepaskan agar hidup kita bisa berjalan sesuai usia. Misalnya saja kini kamu sudah harus melepaskan seragam sekolah, atau kamu harus sudah siap untuk mencari kerja.

Mungkin diantara kamu ada yang belum siap melepaskan gelar pelajar ataupun mahasiswa. Belum siap menerima beban berat menjadi orang dewasa. Merasa belum cukup pengalaman untuk menjalani hari dengan melangkah diatas kaki sendiri. Belum mampu menentukan apa yang harus kamu lakukan. Belum bisa memilih apa yang ingin kamu lakukan.

Tentu saja untuk mengambil keputusan itu diperlukan pemikiran yang matang dan pengalaman yang cukup. Sehingga terkadang kamu belum meras siap untuk mengahadapinya. Tapi, ada hal-hal yang bisa kamu ingat ketika merasakan keraguan itu. Apa saja? Check it out!

  1. Perpindahan adalah hal yang terus terjadi

Perpindahan kamu ke tempat yag lebih tinggi merupakan sebuah kewajaran dan keharusan untuk kamu terima. Sejak kamu berada di dalam kandungan ibumu, kamu terus berpindah hingga tempat kamu berada sekarang. Bersama waktu yang berlalu, perpindahan tingkat akan terus terjadi. TK, SD, SMP, SMA, hingga Universitas adalah bentuk proses perpindahan yang terlihat. Menjani bawahan kemudian naik menjadi atasan juga perpindahan yang bisa dirasakan langsung. Dibalik itu ada banyak perpindahan baik tempat, tingkat hingga kemampuan terus terjadi dalam hidup kamu yang terjadi tanpa kamu rasakan. Kemu hanya harus percaya bahwa siap atau tidak kamu menghadapi beban yang akan kamu tanggung, kamu akan menanggungnya suatu hari nanti.

  1. Kamu diciptakan untuk sesuatu yang lebih besar.

Boy on top of mountain enjoying the view

Setiap manusai diciptakan dengan kemampuan yang tak terhingga. Dengan jumlah neuron otak yang hampir tak terhitung, kita disiapkan untuk menerima segala kemungkinan. Baik kemungkinan kecil maupun besar yang merubah seluruh hidup kita. Bersama kemampuan yang besar itu, dapat disadari bahwa manusia diciptakan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar dari yang hanya dapat ia bayangkan. Kamu hanya belum menjalaninya, jadi kamu belum tahu bahwa sebenarnya kamu mampu melakukannya. Kamu memiliki Tuhan yang menyempurnakan hidup kamu, keluarga dan teman yang mendukung kamu, dan semangat dan kemampuan diri kamu untuk menghadapi masa depan. Tak aka nada alasan kamu belum siap menjalani masa depan dengan semua yang kamu punya dalam hidupmu.

  1. Ingat perjuangan masuk sekolah atau kuliah

Dengan mengingat awal masuk sekolah ataupun kuliah kamu akan kembali mengingat betapa cepatnya waktu berlalu dan betapa banyaknya hal yang terjadi. Dan harus kamu sadari bahwa kamu sudah berhasil melalui hari-hari yang berat itu dengan caramu sendiri. Kamu sudah banyak berubah sejak kamu menginjakkan kaki di sekolah atau universitas kamu. Dan ditempat kamu berdiri sekarang, kamu sudah memiliki lebih banyak ilmu untuk menghadapi masa depan. Pengalaman dan perjuangan itu bisa dijadikan senjata untuk menyongsong masa depan. Kamu harus terus berjuang seperti sebelumnya, melakukan yang terbaik sehingga ketika kamu menoleh ke belakang akan banyak hal indah yang kamu dapatkan.

  1. Berusaha berdiri di atas kaki sendiri

Dengan semua hal yang sudah kamu lalui, kesadaran akan kemampuan kamu, dan memahami perpindahan sebagai kodrat manusia, kini saatnya kamu berusaha belajar berdiri diatas kaki kamu sendiri. Segala keputusan yang kamu buat akan menentukan jalan kamu, dan kamu harus selalu siap menanggung semua resikonya. Belajar menjadi lebih dewasa dan berlari menyongsong masa depan dengan segenap kemampuan kamu sendiri. Hal ini akan membuat kamu tidak mudah bergantung pada orang lain, selalu berusaha semaksimal yang kamu bisa dan meningkatkan kemampuan kamu dalam menyelesaikan permasalah.

Kekhawatiran akan masa depan memang dirasakan banyak orang, terutama remaja yang mulai beranjak dewasa. Namun, tentu saja kekhawatiran itu harus segera diatasi dan mempersiapkan diri menghadapi masa depan. Siap atau belum siap waktu terus berjalan dan kamu harus mampu untuk menantangnya. Jadi, berminat mempersiapkan masa depan dari sekarang?

Author Gravater

Hilda

“Jika tak ingin menyesal, lakukan sekarang. Kau hanya hidup sekali”. Just call me Dae. Aku mahasiswa jurusan Jurnalistik di UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang sedang berkutat dengan tugas yang tiada akhir. Sapa aku di Instagram @dae08hyun. Aku tidak menggigit, mungkin sedikit menarik.

You May Like Also

Leave a Reply